Penilaian Autentik
Penilaian Autentik adalah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya. Penilaian Autentik merupakan pendekatan utama dalam Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.
Bentuk penilaian Autentik mencakup penilaian berdasarkan pengamatan, tugas ke lapangan, portofolio, projek, produk, jurnal, kerja laboratorium, dan unjuk kerja, serta penilaian diri.
Penilaian Diri merupakan teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif. Pendidik dapat menggunakan penilaian teman sebaya untuk memperkuat Penilaian Autentik dan non-autentik.
Nilai ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan dituangkan dalam bentuk angka dan huruf, yakni 4,00 � 1,00 untuk angka yang ekuivalen dengan huruf A sampai dengan D sebagaimana tertera pada tabel berikut.
Nilai Ketuntasan Kompetensi Sikap
Ketuntasan Belajar untuk sikap (KD pada KI-1 dan KI-2) ditetapkan dengan predikat Baik (B).
MODUS | PREDIKAT |
4 | Sangat Baik (SB) |
3 | Baik (B) |
2 | Cukup (C) |
1 | Kurang (K) |
Nilai Ketuntasan Pengetahuan dan Keterampilan
Ketuntasan Belajar untuk pengetahuan ditetapkan dengan skor rerata 2,67 untuk keterampilan ditetapkan dengan capaian optimum 2,67.
Rentang Angka | Huruf |
3,85 � 4,00 | A |
3,51 � 3,84 | A- |
3,18 � 3,50 | B+ |
2,85 � 3,17 | B+ |
2,51 � 2,84 | B- |
2,18 � 2,50 | C+ |
1,85 � 2,17 | C |
1,51 � 1,84 | C- |
1,18 � 1,50 | D+ |
1,00 � 1,17 | D |
SUNARYO, S.Pd, MM
Wakasek. Bid. Akademik
SMA Negeri 85 Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar